halaman

Rabu, 12 Desember 2012

RPP Tematik kelas 1


Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 

Nama Sekolah     :  SDN Maor
Tema                    :  Peristiwa 
Kelas/Semester     :  I / 2
Alokasi Waktu     : 1 minggu

Standar Kompetensi :
1.  PKn                                :  Menerapkan hak anak  di rumah dan di sekolah.
2.  IPS                                 :  Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3.  IPA/ Sains                      :  Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.  Matematika                    :  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam  pemecahan  masalah.
5.  Bahasa Indonesia           :
     R Berbicara                   :  Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara  lisan dengan gambar, percakapan  sederhana dan dongeng.
      R Membaca                  :   Memahami  teks pendek dengan membaca lancar dan   membaca puisi anak.
      R Menulis                     :   Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui dikte dan menyalin.

Kompetensi Dasar  :
  • IPS  :
Menceritakan  kembali peristiwa   penting.
  • IPA
Membedakan gerak  benda yang mudah bergerak dengan  benda yang sulit  bergerak melalui percobaan.
  • PKN :
Menjelaskan hak  anak untuk  belajadengan gembira dan didengar pendapatnya.
  • Matematika :
Membilang  banyak  benda
Mengurutkan  banyak  benda.
  • Bahasa Indonesia :
Bebicara
Menceritakan isi      
gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengert
Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.


Membaca
Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung.
  • Seni Budaya dan Keterampilan :
Mengidentifikasi unsure rupa pada benda di alam sekitar.
Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada benda di alam sekitar.
Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupas dus dimensi dengan teknik menempel.

Tujuan Pembelajaran**  :
                Sisawa dapat  :
·              Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami.
·              Membandingkan bentuk benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
·              Menyebutkan benda yang mudah bergerak.
·              Menyebutkan benda yang sulit bergerak..
·              Menjelaskan arti hak.
·              Menyebutkan hak anak di rumah
·              Menyebutkan hak anak di sekolah.
·              Menyebut banyak benda
·              Membandingkan dua kelompok benda melalui istilah lebih banyak , lebih sedikit dan sama dengan/
·              Membaca dan menulis lambang bilangan 1 sampai 50.
·              Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
·              Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar.
·              Membilang loncat 2,3,4,5 dan lainnya.
·              Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·              Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut
·              Menceritakan peristiwa dalam gambar dengan bahasa sendiri.
·              Melakukan Tanya jawab tentang isi gambar peristiwa seri/ tunggal.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab


II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·        Hak anak di rumah dan disekolah.
·        Peristiwa yang pernah dialami
·        Gerak benda
·        Oprasi hitung bilangan.
·        Deskripsi benda
·        Dongeng.
III. Metode  Pembelajaran :
·        Ceramah
·        Diskusi.
·        Permainan Ular tangga
·        Tanya jawab.
·        Demontrasi.
·        Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
Langkah Kegiatan
Pegorganisasian
Pengembangan Diri
Kelas
Waktu
Penilaian
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·        Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·        Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·        Mengumpulkan tugas/ PR
·        Mengulang dan mengingatkan pelajaran yang telah lalu.

B. Kegiatan inti   :
Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( PKn, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui contoh-contoh yang disampaikan siswa mengambil kesimpulan dan membuat definisi dari hak.
F Melalui pengamatan pada model dan demontrasi dapat menemukan fakta bahwa beberapa bentuk benda mudah bergerak.
F Melalui demontrasi siswa membuktikan bahwa beberapa benda sulit bergerak.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui diskusi sederhana siswa menyampaikan pengalaman yang berhubungan dengam hak anak yang pernah diterimanya.
F Menyebutkan macam-macam hak anak
F Mengelompokkan benda-benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
F Menunjukkan benda-benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
F Memperhatikan benda-benda yang siap dihitung.
F Membilang banyak benda –benda pada tiap kelompok.
F Guru menunjukkan papan ular tangga dan mengajak siswa bermain ular tangga.
F Setiap siswa berkelompok dan memainkannya.
F Secara berurutan menyebutkan bilangan dari 1-30 yang terdapat pada papan ular tangga
 
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar seri yang menceritakan tentang peristwa di jalan raya .
F Guru menyiapkan benda yang akan dikelompokkan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyusun kalimat yang sesuai dengan gambar seri.
F Melakukan tanya jawab seputar isi dari cerita dibalik gambar.
F Mencari kalimat lain untuk gambar yang sama agar lebih pariatif dalam menggambarkan suatu peristiwa.
F Menceritakan peristiwa yang pernah dialami yang paling berkesan.
F Memberi pendapat pada cerita yang didengar dari temannya.
F Mengambil kesimpulan dari cerita yang didengar.
F Guru mengajak siswa bermain ular tangga.
F Setiap siswa berkelompok dan memainkannya.
F Secara berurutan menyebutkan bilangan dari 31-50 yang terdapat pada papan ular tangga
F Membilang loncat 2,3,4,5 dan lainnya

§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Melakukan tanya jawab dengan pemberian reeward.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas








V.  Alat dan Sumber Belajar
·        Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan

§  Alat Peraga  :
F Aneka benda yang berbeda bentuk dan  warna .
F Gambar anak yang sedang berada di rumah, di sekolah..
F Papan Ular tangga
F Manik-manik, kelereng, batu-batuan, kerang.
F Kertas gambar dan pewarna, contoh gambar ekspresi tentang alam   sekitar.

VI.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Disiplin,
·   Kerja keras
·   Kreatif,
·   Demokratif
·   Rasa Ingin tahu,
·   Cinta tanah air,
·   Bersahabat,
·   Menghargai prestasi,
·   Gemar membaca,
·   Peduli lingkungan,
·   Peduli sosial,
·   Tanggung jawab.
  1. IPS :
·         Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami.
·         Menyebutkan peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialami.
  1. IPA :
·         Membandingkan bentuk benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
·         Menyebutkan benda yang mudah bergerak.
·         Menyebutkan benda yang sulit bergerak.
  1. PKN :
·         Menjelaskan arti hak.
·         Menyebutkan hak anak di rumah
·         Menyebutkan hak anak di sekolah.
  1. Matematika :
·         Menyebut banyak benda
·         Membandingkan dua kelompok benda melalui istilah lebih banyak , lebih sedikit dan sama dengan/
·         Membaca dan menulis lambang bilangan 21 sampai 50.
·         Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
·         Menmgurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar.
·         Membilang loncat 2,3,4,5 dan lainnya.


  1. Bahasa Indonesia :
·         Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·         Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut


Tes lisan Tes tertulis


Uraian
isian
  1. IPS :
·         Sebutkan peristiwa yang pernah dialami.
·         Sebutkan peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialami.
  1. IPA :
·         Bandingkan bentuk benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
·         Sebutkan benda yang mudah bergerak.
·         Sebutkan benda yang sulit bergerak.
  1. PKN :
·         Jelaskan arti hak.
·         Sebutkan hak anak di rumah
·         Sebutkan hak anak di sekolah.
  1. Matematika :
·         Sebut banyak benda
·         Bandingkan dua kelompok benda melalui istilah lebih banyak , lebih sedikit dan sama dengan/
·         Bagaimana cara Membaca dan menulis lambang bilangan 21 sampai 50.
·         Bagaimana cara Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
·         Bagaimana cara Menmgurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar.
·         Bagaimana cara bilangan loncat 2,3,4,5 dan lainnya.


  1. Bahasa Indonesia :
·         Bagaimana cara Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.

Bentuk Soal / LKS
PKn
Nama kelompok     :
Anggota kelompok :
...................
...................
...................
...................
...................

Ayo isi bersama-sama daftar di bawah ini, kalian boleh bertanya pada siapa saja !
Bertanyalah dengan sopan !

NO
Hak anak di rumah
Hak anak di sekolah
1
Mendapat kasih sayang
Mendapat pelajaran dari guru
2
....................................
...................................................
3
....................................
...................................................
4
....................................
..................................................
5
...................................
..................................................









IPA
Setelah kalian melakukan percobaan sederhana, Ayo kalian isi bersama kelompokmu daftar di bawah ini !
No
Benda yang mudah bergerak
Benda yang sulit bergerak
1
Bola
meja
2


3


4


5


6


Nama kelompok     :
Anggota kelompok :
1...................
2...................
3...................
4...................
      5...................

VII. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.
Kerjasama


Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1
4
2
1

    3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1






2






3






4






5






6






  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

Mengetahui
Kepala Sekolah SDN Maor



( ANWAR, S.Pd )
NIP. 195404181977031005

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas I



( LILIK HANDAYANI )
NIP. -


Tidak ada komentar:

Posting Komentar